Istilah Dalam Android 1

         Sekarang ini android menjadi sangat populer, dimana hampir semua masyarakat menggunakannya. Android menjadi sebuah fenomena yang harus diperhitungkan. Banyaknya Penyedia aplikasi pihak ketiga serta inovasi yang terus berkembang membuat android semakin menjamur. Tapi dari semua yang menggunakan android tersebut, masih sedikit yang benar-benar memahami android yang dimilikinya. Untuk itu, pada kesempatan kali ini, saya ingin membahas mengenai istilah-istilah yang sering dipakai dalam dunia per-android-an. Oke langsung saja kita mulai.

menjelaskan beberapa istilah android


AOSP
Android Open Source Project. Hal ini berarti source code untuk Android berada, bisa diunduh, dipakai, dan dimodifikasi oleh siapapun.

APK
Merupakan ekstensi file aplikasi yang dapat dieksekusi pada android, kalo pada komputer berupa EXE.

APPS
Singkatan dari “applications” atau aplikasi pada android. Aplikasi yang kita download, kita install dan kita jalankan di handheld kita. Aplikasi ini bisa gratis bisa berbayar.

Android SDK
Android SDK merupakan paket starter ataupun dasar yang berisi tools, sample code, dan dokumentasi penggunaan yang berguna dalam hal pengembangan aplikasi Android.

ADB Tools
ADB (Android Debug Bridge) Tools adalah tools yang dipakai untuk memberikan command terminal pada sistem android. Perintah dasar seperti : ADB Push (upload file ke sistem android), ADB Pull (download file dari sistem Android), ADB Install (install apk file ke sistem android).

Brick
Kondisi dimana Handheld sudah mati dan tidak bisa direcovery lagi atau seperti batu bata saja.

Booting
Proses menghidupkan atau menyalakan handheld.

Bootloop
Kondisi handheld yang stuck dilogo pada saat menghidupkan dan berulang-ulang sehingga tidak bisa masuk ke homescreen.

Bootanimation
Tampilan animasi saat menyalakan handheld yang merupakan kumpulan dari gambar-gambar yang berkesinambungan, letaknya biasanya di system/media/.

Busybox
Merupakan kumpulan dari perintah-perintah linux shell yang digunakan pada system android.

Backup
Merupakan proses mencadangkan, baik berupa aplikasi, data aplikasi,maupun keseluruhan rom android, yang berguna untuk mengembalikan android seperti semula ketika terjadi bootloop maupun ada aplikasi yang terhapus, dan lain-lain.

CWM Recovery
Clockworkmod recovery merupakan recovery pada android yang sudah dimodifikasi sehingga kita bisa melakukan beberapa modifikasi pada handheld seperti wipe (cache, dalvick cache, maupun data / factory reset), flashing rom, install apk system, calibrasi baterai dan masih banyak lagi yang lain.

CTR Recovery
Merupakan recovery pada android yang mirip dengan CWM namun pada CTR sudah bisa dengan mode sentuh sehingga relatif lebih mudah untuk digunakan.

Flashing
Merupakan proses flash atau mudahnya proses memasang suatu custom rom, upgrade, maupun downgrade, baik menggunakan cwm ataupun dengan flashtool.

Firmware
Merupakan operating system dari android, yang berbeda-beda versinya.

FC (Force Closed)
FC atau tutup paksa merupakan kondisi dimana sebuah aplikasi pada android tiba-tiba terhenti dan menutup dengan sendirinya maupun error / tidak bisa dijalankan.

Demikian postingan mengenai istilah-istilah dalam android bagian 1, semoga bermanfaat..
(Diambil dari berbagai sumber)

Comments

Popular posts from this blog

Pengertian dan Sejarah Android

Trik Internet gratis xl di hp (Update)